RPP BESARAN DAN SATUAN

Jumat, 25 Mei 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                Sekolah                        : MTS Asy-Syukuriyah
                                                Mata Pelajaran             : IPA
                                                Kelas/Semester            : VII (tujuh) /Semester 1
                                               

Standar Kompetensi
1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.1 mendiskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.
Indikator
  1. Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mengelompokkan dalam besaran pokok dan turunan.
  2. Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
  3. Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana.
Alokasi Waktu: 2 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.     Menjelaskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan.
2.     Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan Internasional.
3.     Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, massa, dan waktu tangga konversi.
4.     Dapat menyebutkan apa saja yang termasuk besaran pokok dan besaran turunan.  
B.    Materi Pembelajaran
·         Besaran dan satuan
C.    Metode Pembelajaran
1.                                       Model : Diskusi
2.                                       Metode: ceramah
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
I.      Kegiatan pendahuluan
·          Motivasi dan apresepsi ( apakah sedih, cinta dan kesetiaan termasuk besaran?)
·          Prasyarat pengetahuan (apa besaran itu?, ada berapa besaran itu?)
II.    Kegiatan Inti
·          Guru menjelaskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan.
·          Guru menyebutkan apa saja yang termasuk besaran pokok dan besaran turunan dan satuannya.
·          Guru memberikan contoh latihan cara menemukan konversi satuan panjang, massa, dan waktu dengan menggunakan tangga konversi.
III.   Kegiatan Penutup
·          Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·          Guru memberikan latihan soal-soal tentang besaran pokok dan besaran satuan.
·          Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E.    Sumber Belajar
1.     Kanginan, Marthen. 2002. IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Erlangga:Jakarta
2.     Lingkungan sekitar
F.    Penilaian Hasil Belajar
Pemahaman dan Penerapan Konsep berupa Tes Tertulis
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian.
Contoh soal Pilihan ganda:
·          Pasangan besaran fisika yang benar adalah ....
a.     Berat dan kilogram
b.    Kecepatan dan kg/jam
c.     Usaha dan joule sekon
d.    Massa dan newton
Kunci : a
Skor  : 1
Contoh soal isian:
·          Satuan panjang dalam SI adalah  ....
Kunci : meter
Skor  : 2
·          Panjang meja 100 cm setara dengan ..... m
Kunci : 1 m
Skor  : 2

                                                                          
                                                                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MTs Asy- Syukuriyah                                                     Guru Mata Pelajaran



Devi Mayangsari Putri, M.Pd                                          Devi Mayangsari, S.Pd
NIP. 103611002                                                                NIP. 10361001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                Sekolah                        : MTs Asy- Syukuriyah
                                                Kelas/Semester            : VII (tujuh) / Semester I
                                                Mata Pelajaran             : IPA

Standar Kompetensi
1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.2  Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
Indikator
1 .mengemukakan alasan mengapa indra peraba tidak dapat dijadikan alat pengukur suhu
2. Menjelaskan bagaimana volum cairan dapat digunakan untuk membuat termometer dan menyebutkan contoh – contoh lain yang memiliki sifat seperti ini.
3. Membandingkan skala termometer celcius dengan skala termometer lain.
Alokasi Waktu: 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.     Menjelaskan pengertian suhu
2.     Menyebutkan jenis – jenis termometer.
3.     Menyebutkan manfaat termometer dalam kehidupan sehari – hari
4.     Mengkalibrasi termometer
5.     Menjelaskan skala suhu
6.     Menkonversikan skala termometer celsius ke dalam skala termometer lain.
B.    Materi Pembelajaran
Suhu dan pengukuran
C.    Metode Pembelajaran
Model  : make - A match (mencari pasangan)
metode  : ceramah
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I.      Kegiatan Pendahuluan
·          Motivasi dan aprepsi (alat apakah yang digunakan bila suhu tubuhmu terasa panas ?)
·          Prasyarat pengetahuan (Apakah satuan suhu menurut SI ?, Termasuk besaran apakah suhu itu ?)
II.     Kegiatan Inti
·          Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa  konsep atau topik yang cocok untuk sesi review. Sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
·          Setiap siswa mendapat satu buah kartu
·          Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
·          Satu siswa maju kedepan membacakan kartu yang dipegang.
·          Siswa yang duduk menyimak dan  mencocokan apakah dia pasangan kartunya.
·          Setiap siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas waktu diberi kesempatan untuk duduk kembali, sementara siswa yang tidak dapat mencocokan kartunya tidak dapat diberi kesempatan untuk duduk.
·          Demikian seterusnya.
·          Kesimpulan/penutup
         III. Kegiatan Penutup
·          Guru mengulas kembali materi yang telah disampaikan secara garis besar.
·          Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.

E.    Sumber Belajar
1.     Kanginan, Marthen. 2002. IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Erlangga:Jakarta
2.     Sugiono vany. 2010. Fisika menyongsong OSN SMP. Intersolusi pressindo: Yogyakarta
F.    Penilaian Hasil Belajar
Pemahaman dan Penerapan Konsep berupa Tes Tertulis
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda dan isian
Contoh soal Pilihan ganda:
·         Termometer celcius menunjukkan angka 45, maka termometer fahrenheit menunjukkan angka ....
a.     25
b.    57
c.     81
d.    113
Kunci : d
Skor  : 1
Contoh soal isian:
·         Alat untuk mengukur suhu zat adalah.....
Kunci : termometer
Skor  : 2



                       
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas




Devi Mayangsari Putri, M.Pd                                          Devi Mayangsari, S.Pd

NIP. 103611002                                                                NIP. 10361001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                Sekolah                 : MTs Asy-Syukuriyah
                                                Kelas / semester    : VII (tujuh) / Semester I
                                                Mata pelajaran       : IPA
                                               

Standar Kompetensi
1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.2  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang  sesuai dan sering  digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1. Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.
2. Memperhatikan dan memilih alat ukur yang baik dan sesuai.
Alokasi Waktu: 1 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku.
·         Memilih alat yang sesuai untuk mengukur.
·         Memahami kegunaan masing-masing alat ukur.
B.    Materi Pembelajaran
·         Pengukuran  
C.    Metode Pembelajaran
1.     Model   : direct introduction dan cooperatif learning
2.     Metode : diskusi kelompok dan eksperimen
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I.      Kegiatan Pendahuluan
             Ÿ   motivasi dan apresepsi (alat apakah yang digunakan untuk mengukur panjang ?)
             Ÿ   prasyarat pengetahuan
               Apakah satuan panjang menurut SI ?
               Termasuk besaran apakah panjang itu ?
             Ÿ pra eksperimen
               Berhati-hatilah menggunakan peralatan.
II.    Kegiatan Inti
·          Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·          Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian pengukuran, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
·          Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.
·          Setiap kelompok diberikan penggaris, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana menggunakan penggaris.
·          Setiap kelompok mengukur benda-benda yang ada di dalam kelas dengan menggunakan penggaris.
·          Peserta didik dalam kelompok mengamati dan menuliskan datanya di dalam LKS.
III.   Kegiatan Penutup
·          Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
·          Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar.
·          Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
·          Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mencari benda-benda apa saja yang dapat diukur dengan menggunakan alat ukur penggaris yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
E.    Sumber Belajar
1.     Kanginan, Marthen. 2002. IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Erlangga:Jakarta
2.     Lingkungan sekitar
3.     Alat-alat ukur
F.    Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian : tes unjuk kerja
Bentuk instrumen: uji petik kerja prosedur dan produk
Contoh instrumen :
·         Instrumen petik kerja
Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur panjang dan lebar meja yang ada di hadapanmu.

Rubrik
No.
Aspek
    Skor
1.
Menggunakan alat ukur dengan tepat.
     2

2.
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar.
     4
3.
Memperoleh data dari percobaan.
     2
4.
Membuat kesimpulan dengan benar.
     2

Jumlah
     10





                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                             Guru mata pelajaran


Devi Mayangsari Putri, M.Pd                                          Devi Mayangsari, S.Pd

NIP. 103611002                                                                NIP. 10361001

1 komentar:

tancredofadness mengatakan...

Hotels near casinos & hotels near casino near me - Mapyro
Find hotel 광명 출장샵 & motels near 남원 출장마사지 casino near me, United States. 777 Casino Way, 보령 출장마사지 Orange County, 파주 출장샵 OR 89101, United States. 영천 출장마사지