RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTS Asy-Syukuriyah
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII (tujuh) /Semester 1
Standar
Kompetensi
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam
dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi
Dasar
1.1 mendiskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta
satuannya.
Indikator
- Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam
kehidupan sehari-hari, kemudian mengelompokkan dalam besaran pokok dan
turunan.
- Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
- Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara
sederhana.
Alokasi Waktu: 2 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan.
2.
Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan
besaran fisika dalam satuan Internasional.
3.
Melakukan percobaan untuk menemukan konversi
satuan panjang, massa, dan waktu tangga konversi.
4.
Dapat menyebutkan apa saja yang termasuk
besaran pokok dan besaran turunan.
B.
Materi Pembelajaran
·
Besaran dan satuan
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model : Diskusi
2.
Metode: ceramah
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
I.
Kegiatan pendahuluan
·
Motivasi dan apresepsi ( apakah sedih, cinta dan
kesetiaan termasuk besaran?)
·
Prasyarat pengetahuan (apa besaran itu?, ada berapa
besaran itu?)
II.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan
pengertian besaran pokok dan besaran turunan.
·
Guru menyebutkan apa saja yang termasuk besaran pokok dan
besaran turunan dan satuannya.
·
Guru memberikan contoh latihan cara menemukan konversi
satuan panjang, massa, dan waktu dengan menggunakan tangga konversi.
III.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru memberikan latihan soal-soal tentang besaran pokok
dan besaran satuan.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E.
Sumber Belajar
1. Kanginan, Marthen. 2002.
IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Erlangga:Jakarta
2. Lingkungan sekitar
F.
Penilaian Hasil Belajar
Pemahaman dan Penerapan Konsep berupa Tes Tertulis
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian.
Contoh soal Pilihan ganda:
·
Pasangan besaran fisika yang benar adalah ....
a. Berat dan kilogram
b. Kecepatan dan kg/jam
c. Usaha dan joule sekon
d. Massa dan newton
Kunci : a
Skor : 1
Contoh soal isian:
·
Satuan panjang dalam
SI adalah ....
Kunci : meter
Skor : 2
·
Panjang meja 100 cm setara dengan ..... m
Kunci : 1 m
Skor : 2
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MTs Asy- Syukuriyah Guru
Mata Pelajaran
Devi Mayangsari Putri, M.Pd Devi Mayangsari, S.Pd
NIP. 103611002 NIP. 10361001
NIP. 103611002 NIP. 10361001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MTs Asy- Syukuriyah
Kelas/Semester : VII (tujuh) / Semester I
Mata Pelajaran : IPA
Standar
Kompetensi
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda
alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi
Dasar
1.2 Mendiskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya.
Indikator
1 .mengemukakan alasan mengapa indra peraba
tidak dapat dijadikan alat pengukur suhu
2. Menjelaskan bagaimana volum cairan dapat
digunakan untuk membuat termometer dan menyebutkan contoh – contoh lain yang
memiliki sifat seperti ini.
3. Membandingkan skala termometer celcius
dengan skala termometer lain.
Alokasi
Waktu: 2 jam
pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian suhu
2.
Menyebutkan jenis – jenis termometer.
3.
Menyebutkan manfaat termometer dalam
kehidupan sehari – hari
4.
Mengkalibrasi termometer
5.
Menjelaskan skala suhu
6.
Menkonversikan skala termometer celsius ke
dalam skala termometer lain.
B. Materi Pembelajaran
Suhu
dan pengukuran
C. Metode Pembelajaran
Model : make - A
match (mencari pasangan)
metode : ceramah
D. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
I.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan aprepsi (alat apakah yang digunakan bila
suhu tubuhmu terasa panas ?)
·
Prasyarat pengetahuan (Apakah satuan suhu menurut SI ?,
Termasuk besaran apakah suhu itu ?)
II.
Kegiatan Inti
·
Guru menyiapkan
beberapa kartu yang berisi beberapa
konsep atau topik yang cocok untuk sesi review. Sebaliknya satu bagian
kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
·
Setiap siswa mendapat satu buah kartu
·
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang
dipegang.
·
Satu siswa maju kedepan membacakan kartu yang dipegang.
·
Siswa yang duduk menyimak dan mencocokan apakah dia pasangan kartunya.
·
Setiap siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas
waktu diberi kesempatan untuk duduk kembali, sementara siswa yang tidak dapat
mencocokan kartunya tidak dapat diberi kesempatan untuk duduk.
·
Demikian seterusnya.
·
Kesimpulan/penutup
III. Kegiatan Penutup
·
Guru mengulas kembali materi yang telah disampaikan
secara garis besar.
·
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
E. Sumber Belajar
1. Kanginan, Marthen. 2002.
IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Erlangga:Jakarta
2. Sugiono vany. 2010.
Fisika menyongsong OSN SMP. Intersolusi pressindo: Yogyakarta
F. Penilaian Hasil Belajar
Pemahaman dan Penerapan Konsep berupa Tes Tertulis
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda dan isian
Contoh soal Pilihan ganda:
·
Termometer celcius menunjukkan angka 45, maka termometer
fahrenheit menunjukkan angka ....
a. 25
b. 57
c. 81
d. 113
Kunci : d
Skor : 1
Contoh soal isian:
·
Alat untuk mengukur suhu zat adalah.....
Kunci : termometer
Skor : 2
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Devi Mayangsari
Putri, M.Pd Devi
Mayangsari, S.Pd
NIP. 103611002 NIP. 10361001
NIP. 103611002 NIP. 10361001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: MTs Asy-Syukuriyah
Kelas / semester : VII (tujuh)
/ Semester I
Mata pelajaran : IPA
Standar
Kompetensi
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda
alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi
Dasar
1.2 Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator
1. Mengukur dengan satuan baku dan tak baku
secara baik dan benar.
2. Memperhatikan dan memilih alat ukur yang
baik dan sesuai.
Alokasi
Waktu: 1 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan
tak baku.
·
Memilih alat yang sesuai untuk mengukur.
·
Memahami kegunaan masing-masing alat ukur.
B.
Materi Pembelajaran
·
Pengukuran
C.
Metode Pembelajaran
1. Model : direct introduction dan cooperatif
learning
2. Metode : diskusi
kelompok dan eksperimen
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I.
Kegiatan Pendahuluan
motivasi dan
apresepsi (alat apakah yang digunakan untuk mengukur panjang ?)
prasyarat
pengetahuan
Apakah satuan panjang menurut SI ?
Termasuk besaran apakah panjang itu ?
pra eksperimen
Berhati-hatilah menggunakan peralatan.
II.
Kegiatan Inti
·
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian
pengukuran, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing
kelompok mengkomunikasikan.
·
Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan
informasi yang benar.
·
Setiap kelompok diberikan penggaris, setiap kelompok
mendiskusikan bagaimana menggunakan penggaris.
·
Setiap kelompok mengukur benda-benda yang ada di dalam
kelas dengan menggunakan penggaris.
·
Peserta didik dalam kelompok mengamati dan menuliskan
datanya di dalam LKS.
III.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
·
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar.
·
Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi
yang baru saja dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya
mencari benda-benda apa saja yang dapat diukur dengan menggunakan alat ukur
penggaris yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
E.
Sumber Belajar
1. Kanginan, Marthen. 2002.
IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Erlangga:Jakarta
2. Lingkungan sekitar
3. Alat-alat ukur
F.
Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian : tes unjuk kerja
Bentuk instrumen: uji petik kerja prosedur dan produk
Contoh instrumen
:
·
Instrumen petik kerja
Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur panjang dan
lebar meja yang ada di hadapanmu.
Rubrik
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Menggunakan alat ukur dengan tepat.
|
2
|
2.
|
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar.
|
4
|
3.
|
Memperoleh data dari percobaan.
|
2
|
4.
|
Membuat kesimpulan dengan benar.
|
2
|
Jumlah
|
10
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
Devi Mayangsari
Putri, M.Pd Devi
Mayangsari, S.Pd
NIP. 103611002 NIP. 10361001
NIP. 103611002 NIP. 10361001
1 komentar:
Hotels near casinos & hotels near casino near me - Mapyro
Find hotel 광명 출장샵 & motels near 남원 출장마사지 casino near me, United States. 777 Casino Way, 보령 출장마사지 Orange County, 파주 출장샵 OR 89101, United States. 영천 출장마사지
Posting Komentar